Selasa, 09 Juni 2015

Pengalaman Test PDAM Surabaya.

Assalamu'alaikum..

Berbagi pengalaman aja, tentang mengikuti Test di PDAM Surabaya. Pendaftaran dilakukan Via online disitus resmi PDAM Surabaya http://rekrutmen.pdam-sby.go.id/ berikut tata cara pendaftarannya :
Tata Cara Pendaftaran :

a. Pelamar melakukan REGISTRASI ONLINE melalui website www.pdam-sby.go.id atau rekrutmen.pdam-sby.go.id


b. Register Online dimulai pada tanggal 10 Pebruari 2015 pukul 00.00 WIB sampai dengan 20 Pebruari 2015 Pukul 23.59

c. Pendaftaran yang dilakukan sebelum 10 Pebruari 2015 pukul 00.00 WIB atau setelah 20
Pebruari 2015 pukul 23.59 WIB (submitted) akan ditolak sistem.


d. Pada saat registrasi online pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk register online.

e. Setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar untuk satu kelompok/pendidikan yang
dipersyaratkan.

f. Setiap pelamar harus melakukan up load data dengan ukuran sebagai berikut:
i. Foto minimal 75 maksimal 150 kb
ii. KTP minimal 75 maksimal 150 kb

iii. Ijazah minimal 100 maksimal 200 kb

iv. Transkrip / SKHUN minimal 100 maksimal 200 kb
Untuk Persyaratannya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus, Seperti berikut :
Persyaratan Pendaftaran :
Persyaratan Umum
a. Warga Negara Indonesia;
b. Berkelakukan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan surat pernyataan tidak pernah dihukum (pidana penjara);
c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
d. Tidak dalam ikatan dinas dengan instansi lain;
e. Mampu jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter Pemerintah;
f. Tidak terikat hubungan keluarga dengan Dewan Pengawas dan Direksi sampai derajat ketiga menurut garis lurus atau ke samping termasuk menantu dan ipar;
g. Tidak mempunyai hubungan suami/istri dengan pegawai perusahaan;

Persyaratan Khusus bagi pelamar dari jalur umum:
a. Sarjana (S1) dan Diploma III (D3) dengan persyaratan :
1) Program studi terakreditasi A dan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dalam skala
4(empat);
2) Program studi terakreditasi B dan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol) dalam skala (empat);
b. SMK Negeri atau Swasta Terakreditasi dengan nilai rata-rata Ijazah/ STTB minimal 7,00
(tujuh koma nol);
c. Usia serendah – rendahnya 18 tahun;
d. Pendidikan SMK berusia setinggi-tingginya 25 tahun;
e. Pendidikan Diploma III (D3) berusia setinggi tingginya 30 tahun;
f. Pendidikan Sarjana (S1) berusia setinggi-tingginya 35 tahun;
g. Batas usia pelamar dihitung sejak rekrutmen pegawai diumumkan;
h. Pendidikan Diploma III (D3) dan Sarjana (S1) diutamakan memiliki pengalaman dibidangnya minimal 2 (dua) tahun.
i. Usia pelamar ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada Surat Tanda
Tamat Belajar/Ijazah yang digunakan sebagai dasar untuk pelamaran
j. Bagi pelamar wanita, tidak dalam keadaan hamil.

Persyaratan Khusus bagi pelamar dari jalur tenaga kontrak :
a. Berusia setinggi – tingginya 35 tahun;
b. Batas usia pelamar dihitung sejak rekrutmen pegawai diumumkan;
c. Usia pelamar ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum pada Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah yang digunakan sebagai dasar untuk pelamaran
d. Tenaga kontrak yang dapat melamar melalui jalur tenaga kontrak yaitu tenaga kontrak yang masih aktif bekerja atau yang pernah menjadi tenaga kontrak dalam waktu 2 (dua) tahun terakhir sejak pengumuman lowongan;
e. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan unit kerja atau referensi dari pimpinan unit kerja
terakhir;
f. Bagi pelamar wanita, tidak dalam keadaan hamil.

Hasil seleksi administrasi data pendaftaran onlinendiumumkan melalui website rekrutmen. pdam-sby.go.id pada hari Selasa, 10 Maret 2015. Lumayan lama mengingat jumlah pelamarnya banyak. Tahapan seleksinya seperti ini :
Tahapan Seleksi
1. Tahapan penyaringan bagi pelamar yang memenuhi syarat terdiri dari:
a. Seleksi Administrasi Data Pendaftaran On Line
b. Tes Kesamaptaan dan Verifikasi Dokumen Fisik Lamaran
c. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
d. Wawancara
e. Tes Kesehatan.

2. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan rangking kandidat terbaik berdasarkan kuota
Jumlah pelamar yang ikut seleksi :
 S1    = 8653 , Kuota yang dibutuhkan = 16
D3    = 2701 , Kuota yang dibutuhkan = 12
SMK = 5519 , Kuota yang dibutuhkan = 178

Jadi, Totalnya adalah 8.653 + 2.701 + 5.519 = 16.873..

Namun,Pada saat ane sampai pada tahap Test TKD, ane denger dari komunikasinya orang BKN kepada salah satu pelamar, kalo sebenernya yang daftar itu skitar 40.000an orang. Tapi yang menyelesaikan syarat dan ketentuan pada waktu registrasi online sesuai dengan batas waktu yang ditentuin yah cuma 16.873 orang. Jadi, yang berhak mengikuti seleksi yah 16.873 orang tersebut.
Mantap Bukan..??..
Pengumuman Gelombang I dilakukan pada tanggal 10 Maret 2015, saat pengumuman gelombang I ini banyak banget yang kecewa karena sebagian besar pelamar banyak yang gak terima karena nama mereka tak tercantum, kekecewaan banyak diungkapkan lewat kaskus terutama.. Ane pun juga kecewa, dan teman-teman ane pun juga pada gak lolos. Namun kagetnya saat udah gak berharap lagi dengan PDAM ini, ternyata hadir Pengumuman gelombang II, pemberitahuannya lewat SMS.

Percaya gak percaya,..
Namanya juga penasaran, akhirnya ane coba liat di websitenya, ternyata alhamdulillah, nama ane dan teman-teman ane masuk, bahkan para kecewa-kecewaers yang di kaskus pun mayoritas pada lolos. Alhamdulillah..
Kurang jelas berapa orang yang lolos pada gelombang I, gak ane itung, udah terlanjur kecewa soalnya, namun pada gelombang II ini yang lolos ada 2333 Pelamar.
Sesuai dengan tahapan seleksi, bagi peserta yang lolos tahap adminstrasi Online ini akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yaitu test Kesamaptaan dan Verifikasi dokumen fisik lamaran. Tes Kesamaptaan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2015 s/d 02 April 2015 Pukul 06.00 WIB sesuai jadwal pada pengumuman, tempatnya di Stadion Wijaya Kusuma Akademi Angkatan Laut Bumimoro Kecamatan Moro Krembangan Surabaya. Seperti inilah tempatnya :
 
Lapangan yang dibuat untuk Lari.
[by : Popcorn69. User Kaskus]
Tempat Test kesamaptaan via Peta.
[by : Indrake6. User Kaskus]
Untuk menuju lokasinya tidak ada angkutan umum kecuali TAKSI. Namun bila anda yang dari luar kota membawa kendaraan pribadi berupa mobil, Lokasinya dekat dengan Jalan Tol. Dan bagi anda yang membawa motor tidak bisa melalui jalan tol tersebut mengingat lokasinya Steril dari motor, untuk rute motornya seperti berikut :
Rute lewat A.Yani - Bunderan Dolog - RSI Wonokromo - Diponegoro - Fly Over Pasar Kembang - Kedungdoro - Bubutan - Tugu Pahlawan - Indrapura - Krembangan - Sedikit Perak Barat 150 mtr - Lewat SHORT CUT Jl. Ikan Kerapu - Jl Ikan Mungsing - Jl Ikan Mungsing III - Jl. Tanjung Sadari (Kanan Kiri Warung Makan setelah perempatan ada Lapangan Peti Kemas Kanan Kiri) - Flyover Kecil (Hanya Motor bisa lewat situ) - Masuk Bumimoro pas yg dekat gedung... ikuti jalan aja kelihatan Stadion kanan jalan. [by : Indrake6, User Kaskus]

Bagi yang cari penginapan, dilokasi tersebut ada penginapan Guest House, Tepat di Depan Stadion Letaknya, Berikut gambarnya :

Wujud Guest House Wijaya Kusuma.
[by : Popcorn69. User Kaskus]

Harganya :

Tarif guest house Wijaya Kusuma Kobangdikal:

1. Single bed: Rp.275.000
2. Double bed (bisa untuk dua orang): Rp.250.000

Pesan/booking, hubungi 031 329 3322 minta sambungkan ke Guest House.
[by : anak_serui. User Kaskus]

Ok, Lanjut ke Persyaratannya adalah seperti ini :

Persyaratan yang harus dibawa dan diserahkan pada panitia saat registrasi Tes Kesamaptaan adalah :
1. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4x6 (2 lembar) ditulis nama & nomor register
2. Fotocopi KTP (1 lembar)
3. Daftar Riwayat Hidup yang dicetak melalui website pada saat registrasi online
4. Fotocopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (1 lembar)
5. Surat pernyataan bermaterai yang dicetak melalui website
6. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah
7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dilegalisir
8. Fotocopi Surat referensi dari tempat kerja sebelumnya Kerja (bila ada)
9. Fotocopi sertifikat keahlian (bila ada)
Dimasukkan dalam map sesuai urutan diatas.
Untuk Mapnya boleh amplop coklat yang ukuran folio itu ato Softmap, tapi mayoritas ya softmap. Kalo masi bingung seperti apa bentuk mapnya, ini Contoh Gambar Mapnya :

Hasil gambar untuk gambar stopmap untuk melamar kerja
Untuk warnanya bebas, Kemudian untuk perlengkapannya :
Perlengkapan yang harus dibawa pada saat Tes Kesamaptaan adalah :
a. Kartu Tanda Peserta Seleksi Penerimaan Calon Pegawai
b. Kartu Identitas Diri (Asli)
c. Baju olah raga lengkap (Atasan Kaos Putih, Training Pendek/Panjang)
d. Wajib memakai sepatu olah raga

Waktu ane test, semua pelamar langsung pakai baju tersebut diatas dari rumah. Untuk proses test samaptanya seperti berikut :

1. Jam 6.00 mulai pengumuman, peserta diarahkan duduk di tribun.

2. Dibagikan Surat Pernyataan untuk diisi & diTTD.

3. Dipanggil mulai dari nama abjad paling awal.

4. Peserta yang dipanggil menuju ke bawah dengan membawa Surat Pernyataan yang ada pada nomor 2 untuk ambil nomor dada (berupa rompi bernomor) untuk dipakai.

5. Peserta menuju tim kesehatan untuk ditensi.

6. Setelah itu kumpulin persyaratan administrasi yang dibawa dari rumah.

7. Setelah itu pemanasan & lari. (akan dibagi kelompok lari)

8. Larinya 12 menit muterin lapangan bola. (alhamdulillah ane 4,5 puteran / 1800 meter)

9. Selesai sekitar jam 08.00-an.

Pengumuman diumumkan pada tanggal 08 April, untuk test ke tahap selanjutnya.
Pas pengumuman tanggal 08 April, tepatnya setelah shalat isya' baru muncul pengumumannya. Jumlah pelamar yang lolos pada tahap ini sebanyak 1.333 orang. Tahapan Test ini  merupakan Test TKD.
Tes Kompetensi Dasar dilaksanakan pada hari Selasa s.d. Kamis, tanggal 14 April 2015 s.d. 16 April 2015 sesuai jadwal pada pengumuman. Tempat di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jln. Letjend. S. Parman Nomor 6 Waru Sidoarjo. Seperti ini tempatnya :
LOKASI TES: Kantor BKN yang akan digunakan tempat pelaksanaan tes CPNS.
Kantor BKN Reg II Waru Sidoarjo.


Tempat Test TKD Via Peta.

[by : Indrake6. User Kaskus]

Dari Terminal Bungurasih, perjalanannya sekitar 7 menit (naik motor). Bagi yang naik angkutan umum, setelah naik Bis & turun Terminal Bungurasih -  Jalan sedikit ke jembatan penyeberangan (tempat keluar bis antar kota) - Nyebrang Lewat Jembatan penyebrangan - Cegat Angkot Kuning jurusan Porong - Turun di depan BKN. Untuk penginapannya, disekitar Terminal Bungurasih banyak penginapan, Tapi yah tentunya dibawah standar level Hotel.
Syarat & Ketentuan untuk mengikuti Test TKD adalah :
1. Peserta Wajib Datang 1 (satu) Jam sebelum pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar dimulai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan untuk melakukan registrasi.
2. Peserta tes yang datang terlambat tidak diperkenankan mengikuti tes pada sesi berikutnya.
3. Perlengkapan yang harus dibawa pada saat Tes Kompetensi Dasar adalah :
a. Kartu Tanda Peserta Seleksi Penerimaan Calon Pegawai.
b. Kartu Identitas Diri (Asli).
c. Pensil.
d. Pakaian : Atasan Putih, Bawahan Hitam.
Untuk Proses Test TKD yang ane ikuti adalah seperti ini :
1. Dateng 1 jam 30 menit sebelum registrasi.
2. Antri masuk registrasi dengan membawa KTP, Kartu Tanda Peserta dan 1 buah Pensil (Terbuat dari Kayu).
3. Dompet, Jam Tangan, asesoris, kontak motor / mobil, Tas dan lain-lain selain 3 perlengkapan tersebut diatas dititipkan pada saat registrasi.  (bagi yang tidak dititipkan tetap ketahuan, karena nanti sebelum masuk ruangan test akan di sweeping.
4. Test TKD berlangsung selama 90 menit dengan 100 soal, berikut ilustrasi dan penjelasan tentang TKD nya :
a. Suasana didalam ruangan.
[http://www.satujurnal.com]
b. Test TKD.
Test kompetensi dasar (TKD) meliputi :
[1] Test Wawasan Kebangsaan (TWK)
Test ini bertujuan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
  1. Pancasila;
  2. Undang Undang Dasar 1945;
  3. Bhinneka Tunggal Ika;
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
[2] Tes Intelegensi Umum (TIU)Test Intelegensi Umum ini bertujuan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis yang meliputi :
  1. Kemampuan Verbalyaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis :
    • Padanan Kata
    • Pengelompokan Kata
    • Sinonim
    • Antonim
  2. Kemampuan Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka :
    • Tes Hitungan (Aritmatika)
    • Tes Logika Angka
    • Tes Seri Angka & Tes Seri huruf
    • TesAngka dalam Cerita
  3. Kemampuan Berpikir Logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
  4. Kemampuan Berpikir Analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik :
    • Tes Logika Umum
    • Tes Simpulan Silogisme
    • Tes Analisa Pernyataan
    • Tes Logika Cerita
[3] Tes Karakteristik Pribadi (TKP)Test karakteristik pribadi ini bertujuan untuk mengenal karakter, kepribadian dan tingkat emosional pelamar, detailnya meliputi sebagai berikut :
  1. Integritas diri;
  2. Semangat berprestasi;
  3. Kreativitas dan inovasi;
  4. Orientasi pada pelayanan;
  5. Orientasi kepada orang lain;
  6. Kemampuan beradaptasi;
  7. Kemampuan mengendalikan diri;
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
c. Gambaran Soal.
Ane coba beri Link untuk gambaran soalnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Gambaran soalny kurang lebih seperti ini :
Soal Lebih banyak Lagi ini,
http://soaltescpns.info/latihan-soal-cpns-online-terbaru/ (pilih START, bukan Start Download)
Soal lebih banyak yang sekaligus bisa buat latian menggunakan Software CAT nya serta disertai waktu (simulasi software),
http://www.casnonline.com/
5. Setelah Test TKD akan muncul isian kuisioner pada layar komputer.
6. Setelah mengisi Kuisioner akan muncul nilai kita :
a. Nilai TWK. (Ane dapet 90)
b. Nilai TIU. (Dapet 80)
C. Nilai TKP. (Dapet 148)
D. Nilai Total. (Dapet 318)
7. Setelah Test ambil barang-barang yang dititipkan sebelum Test.
8. Pulang.
Pengumuman diumumkan pada tanggal 28 April, untuk test ke tahap selanjutnya.

Pas pengumuman tanggal 28 april ini ane gak lolos. Entah dari mana penilaiannya, setau ane sih passing grade ane alhamdulillah mungkin.. tapi ya mungkin ada penilaian tersendiri pada masing2 subtest.. kecewa sih, tapi mau gimana lagi.. bukan rejeki dan ditambah lagi KEPUTUSAN PANITIA TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT.. 
ya weslah..
insyaallah ke depannya dapet yang lebih baik lagi..

Sarannya : kedepannya pada tiap subtest kalo bisa transparan, transparan disini maksudnya diberi tahu lah persyaratannya yang lolos kualifikasi itu harus gmana dan seperti apa. Agar sebelum pengumuman kita sebagai peserta sudah mengetahui apa kita lolos sesuai kriteria yang diinginkan atau tidak..

Sekian pengalaman ane tentang test pdam di kota ane, semoga bermanfaat..



Sumber :
http://m.kaskus.co.id/thread/52186b4cffca17737f000008/gaji-benefit-dan-situasi-kerja-di-pdam-surabaya/19
http://m.kaskus.co.id/thread/550821651cbfaa3e448b456e/rekrutmen-pdam-surya-sembada-kota-surabaya-2015/3
http://rekrutmen.pdam-sby.go.id/
http://dprd-sidoarjokab.go.id/
http://www.satujurnal.com